Beranda OLAHRAGA Asian Games 2018, Atlet Panjat Tebing Salsabilla Ditarget Tembus 2 Besar

Asian Games 2018, Atlet Panjat Tebing Salsabilla Ditarget Tembus 2 Besar

0
BERBAGI

ATLET panjat tebing Banten Rajiah Salsabilla terus berusaha untuk bisa tampil pada Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang. Ketatnya persaingan di nomor Speed World Record membuat Salsabilla dipatok target masuk 2 besar agar bisa bertahan di Pelatnas dan tampil di Asian Games yang akan digelar di Palembang.

Sejauh ini persaingan antara Salsabilla dengan tiga atlet panjat tebing nasional yakni Aries Rahayu (Jawa Tengah), Puji Lestari (DKI Jakarta) dan Nurul Iqamah (NTB) terbilang ketat. Seperti pada simulasi Asian Games di venue panjat tebing, Kompleks Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, 26 Februari lalu.

Salsabilla menempati urutan keempat pada ujicoba sesama atlet pelatnas nomor speed world record.

Tampil sebagai urutan pertama adalah Puji yang unggul di final dengan catatan waktu 9,38 detik dan mengalahkan Aries yang menorehkan waktu 10,35 detik. Sedang Salsabillah menempati peringkat keempat usai kalah dari Nurul yang mencatat 8,08 detik.

“Persaingan antara keempat atlet ini cukup ketat, Salsabilla memang urutan keempat saat simulasi. Tapi dia langsung bisa memperbaiki catatan waktunya saat simulasi awal April ini, dia bikin catatan waktu 7,04 detik mengalahkan catatan waktu atlet pelatnas lainnya bahkan tembus catatan waktu juara di simulasi pertama,” beber Arsani Maidi Ketua Harian Pengprov FPTI Banten.

Dengan hasil terbaru tersebut, Arsani berharap Salsabilla bisa menembus posisi 2 besar di Pelatnas agar bisa bertahan dan tampil di Asian Games 2018. Meski sejauh ini posisi Salsabilla aman karena catatan waktunya kerap di posisi pertama dalam latihan, namun penampilan atlet panjat tebing putri kerap tak stabil.

“Kami berharap kemampuan Salsabilla bisa stabil, agar tidak terlampaui oleh tiga pesaingnya di Pelatnas. Jika stabil kami yakin dia bisa tampil di Asian Games,” tutur Arsani.

Dan keinginan Pengprov FPTI Banten tersebut diharapkan dapat terwujud pada rencana try out Pelatnas Panjat Tebing mengikuti tiga seri kejuaraan dunia di Rusia dan China. “Saya harap Salsabilla bisa menunjukkan prestasi di Rusia pada 21 April ini, lalu dua seri di China pada 5 Mei dan 12 Mei,” harap Arsani.

Sementara Salsabilla yang dihubungi kemarin malam mengaku akan sekuat tenaga untuk bisa memenuhi target yang diharapkan Pengprov FPTI Banten. Karena selain memang menjadi harapan FPTI Banten, target tersebut menjadi tujuan utama dirinya berlatih di Pelatnas.

“Memang berat karena mereka sudah punya pengalaman internasional, tapi saya akan berusaha untuk mengimbangi mereka bahkan mengalahkan. Saya mohon doa restu masyarakat Banten agar cita-cita saya tampil di Asian Games bisa terwujud,” ucapnya. (apw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here