Beranda HIBURAN Kenali Ciri-ciri Kampas Kopling yang Menipis

Kenali Ciri-ciri Kampas Kopling yang Menipis

0
BERBAGI
Kampas kopling merupakan komponen penting yang ada dalam konstruksi mesin sepeda motor. HONDA BANTEN FOR TANGERANG EKSPRES

TANGERANGEKSPRES.CO.ID – Kampas kopling merupakan salah satu komponen dalam susunan konstruksi mesin sepeda motor yang memiliki fungsi penting dalam penyaluran tenaga yang dihasilkan mesin.

Kampas kopling berperaan sebagai pemutus dan penyalur tenaga mesin dari poros engkol ke transmisi.

Jika kondisi kampas kopling mulai habis atau aus, proses penyaluran tenaga dari mesin ke transmisi akan terganggu.

Berdasarkan, buku pedoman pemilik kendaraan, disarankan untuk melakukan pemeriksaan kondisi kopling setiap 12.000 km atau 12 bulan.

Selain untuk mempertahankan performa mesin, pemeriksaan juga bertujuan untuk mengetahui kondisi kampas kopling, apakah masih dalam kondisi baik atau mulai habis.

Selain masa pemakaian, gaya berkendara juga sangat memengaruhi kondisi dan usia pakai kampas kopling.

Berikut beberapa gelaja yang akan dirasakan langsung oleh pengendara saat kondisi kampas kopling mulai menipis atau aus :

1. Akselerasi mesin melemah
Saat kampas kopling aus, tenaga tidak akan tersalur secara maksimal.

Karena daya cengkram kampas saat proses penyaluran tenaga dari poros engkol ke poros input transmisi tidak maksimal.

Akibatnya mesin motor terasa tak responsif di tiap posisi gear.

Dalam kondisi ini, mesin dipaksa berputar lebih tinggi untuk menggerakkan motor.

Dampak lainnya, motor akan sulit mencapai kecepatan maksimum serta konsumsi bahan bakar menjadi boros.

2. Selip kopling
Gejala lain saat kampas kopling aus juga bisa dirasakan saat perpindahan gear yang sering mengalami selip atau mesin seperti kehilangan tenaga.

Selain itu, sulit memindahkan gigi ke posisi netral juga bisa jadi salah satu indikasi kampas kopling mulai aus akibat kehilangan atau berkurangnya daya cengkram kampas pada plat gesek.

3. Mesin cepat panas
Hilangnya daya cengkram kampas pada plat gesek membuat kedua komponen ini lebih sering bergesekan sehingga menimbulkan panas berlebih.

Selain itu, panas juga bisa ditimbulkan oleh mesin yang selalu bekerja di putaran tinggi.

Misalnya, dalam kondisi normal mesin bekerja 5.000 rpm untuk mendapatkan kecepatan 60 km/jam.

Tapi saat kampas kopling aus, mesin harus bekerja di 7.000 rpm untuk mencapai kecepatan yang sama.

Di sisi lain, saat kampas kopling habis, putaran mesin akan terasa dan terdengar kasar saat dipacu pada kecepatan tinggi.

Jika salah satu atau ketiga gejala tersebut mulai dirasakan, segeralah lakukan pemeriksaan dan perbaikan ke jaringan bengkel resmi terdekat.

Jangan lupa juga yah untuk melakukan perawatan dan pemeriksaan berkala secara rutin supaya sepeda motor selalu dalam kondisi prima.

Reporter: Syirojul Umam

Editor: Sutanto Ibnu Omo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here