KOTA TANGERANG, TANGERANGEKSPRES.CO.ID – Peningkatan penumpang Trans Tangerang dirasakan cukup signifikan setelah adanya inovasi alat pembayaran berbasis aplikasi.
Di era inovasi transportasi yang terus berkembang, kehadiran aplikasi Trans Tangerang pada pertengahan tahun ini diperkenalkan oleh PT Tangerang Nusantara Global (TNG) menjadi pendorong utama perubahan positif dalam penggunaan transportasi publik di Kota Tangerang.
Fitur canggih Info Rute dalam aplikasi ini bukan hanya sekadar inovasi, namun juga telah membuka pintu kemudahan mobilitas bagi seluruh penumpangnya. Hal itu disampaikan Direktur Utama PT TNG, Edi Candra kepada Tangerang Ekspres, Jumat, 17 November 2023.
Dikatakan bahwa aplikasi Trans Tangerang menghadirkan informasi terkait Bus Rapid Transit (BRT) Kota Tangerang langsung di genggaman pengguna.
“Dengan aplikasi ini, kami berkomitmen memberikan kemudahan bagi pengguna jasa angkutan perkotaan langsung di genggaman,” ucap Edi.
Dia menuturkan, aplikasi ini memberikan berbagai informasi mulai dari detail rute, posisi bus terdekat, lokasi halte, jam operasional, hingga petunjuk perjalanan, semuanya dapat diakses secara instan melalui aplikasi inovatif ini.
“Jadi dengan aplikasi ini, pelanggan tidak perlu takut tertinggal bus, karena informasinya sudah jelas ada di aplikasi ini,” tambahnya
Dia menyebut, kelebihan tidak hanya pada sisi informasi, tetapi juga pada proses pembayaran yang menjadi lebih sederhana bagi pengguna Bus Tayo. Pembayaran dapat dilakukan melalui berbagai bank terkemuka menggunakan sistem seperti Flazz, TapCash, E-Money, dan Brizzi.
“Sekarang semakin mudah, penumpang bisa membayar dengan kartu uang elektronik, E-money lah singkatnya,” kata Edi.
Selain itu, Kepala Bidang Angkutan Perkotaan PT TNG, Asep Yuyun Mulyana mengatakan berdasarkan data statistik, dapat dilihat bahwa penggunaan aplikasi Trans Tangerang dan implementasi mesin TOB memberikan dampak positif yang luar biasa terhadap peningkatan jumlah penumpang Bus Tayo.
“Ada peningkatan jumlah penumpang dan pemasukan sejak awal aplikasi ini diluncurkan,” ungkapnya.
Asep menerangkan bahwa memang ada peningkatan jumlah penumpang selama periode Juni hingga Oktober 2023. Tercatat peningkatan mencolok sebesar 84,77 persen. Bahkan, jika dibandingkan antara Agustus dan Oktober setelah aplikasi Trans Tangerang Tayo resmi diluncurkan untuk seluruh armada BRT, terjadi lonjakan sebesar 47,02 persen.
“Ketika sudah 100 persen, BRT menggunakan aplikasi dan TOB, peningkatan jumlah penumpang terlihat cukup signifikan,” tuturnya.
Menurutnya, angka-angka ini tidak hanya mencerminkan penerimaan tinggi terhadap inovasi, tetapi juga menandai komitmen PT Tangerang Nusantara Global dalam meningkatkan standar pelayanan dan kenyamanan perjalanan di Kota Tangerang.
“Pada prinsipnya PT TNG akan selalu meningkatkan standar pelayanan dan kenyamanan,” pungkasnya.
Seperti dikatakan Faradila Salsabila, seorang mahasiswi yang aktif menggunakan transportasi umum.
Ia memberikan perhatian khusus pada manfaat luar biasa dari fitur live tracking dalam Info Rute yang memungkinkan para penumpang untuk mengakses posisi bus secara real-time dan mengestimasi waktu kedatangan dengan tingkat akurasi yang memukau.
“Lebih merasa aman sih dengan ada fitur live tracking, gak takut tertinggal bus,” ujar Faradila yang juga salah satu penumpang setia Bus Tayo Koridor 3.
Begitu juga dikatakan Maulana, warga DKI Jakarta yang bekerja di kota Tangerang. Maulana mengungkapkan dengan menggunakan fitur Info Rute, ia dapat merencanakan perjalanan dengan lebih cerdas di Kota Tangerang.
“Menurut saya jadi semakin gampang ya, tinggal lihat aja rutenya lewat aplikasi,” ungkapnya.
Dengan terus mendengarkan dan merespons kebutuhan pengguna, PT TNG memastikan bahwa revolusi transportasi mereka akan terus menjadi pionir dalam memajukan kualitas hidup warga Kota Tangerang. (*)
Reporter: Abdul Aziz
Editor: Sutanto bin Omo