Beranda KEBIJAKAN Warga Miskin Kota Serang 42,56 Ribu

Warga Miskin Kota Serang 42,56 Ribu

0
BERBAGI
Kantor Badan Pusat Statistik Kota Serang di Kepandean, Kelurahan Lontarbaru, Kecamatan Kota Serang.

TANGERANGEKSPRES.CO.ID- Jumlah penduduk miskin di Kota Serang diklaim mengalami penurunan. Badan Pusat Statistik Kota Serang mencatat angkanya sebesar 42,56 ribu dengan presentase sebesar 5,94 persen. Dibanding tahun sebelumnya, penduduk miskin di Kota Serang mencapai 6,79 persen.

“Kota Serang mengalami penurunan, 2021 kemiskinannya 6,79. Menurun kalau dibandingkan dengan 2021,” kata Fungsional Statistisi Badan Pusat Statistik Kota Serang, Nia Damayanti saat diwawancarai Rabu 18 Januari 2023.

Penurunan akibat adanya pemulihan ekonomi setelah adanya pandemi Covid-19. Saat dilanda pandemi Covid-19 perekonomian masyarakat terguncang.

“Mungkin karena sudah ada perbaikan di berbagai bidang. Kalau BPS kan mengukur kemiskinan itu dari kebutuhan dasar, jadi dari makanan dan non makanan,” ucapnya.

Beberapa hal yang menjadi indikator penghitungan jumlah penduduk miskin, kata Nia, salah satunya adalah pengeluaran masyarakat dalam membeli bahan bakar minyak dan bahan pokok lainnya.

“Indikator pengeluaran masyarakat seperti peningkatan membeli BBM, dan liat juga inflasinya nanti,” paparnya.

Ia mengatakan BPS akan mendata kembali jumlah penduduk miskin yang ada di Kota Serang menjelang bulan Ramadhan. Setelah itu jumlah tersebut akan berubah, apakah mengalami penurunan atau ada kenaikan.

“Kita baru mau mendata lagi di akhir Februari sampai sebelum bulan ramadan. Karena pendataan itu bulan Maret sebulan full, karena mau puasa biasanya konsumsi masyarakat lebih banyak dari biasanya,” pungkasnya.

reporter : Dani Mukarom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here