Beranda PENDIDIKAN Ketahuilah, Enam Hak Seorang Muslim atas Muslim Lainnya

Ketahuilah, Enam Hak Seorang Muslim atas Muslim Lainnya

0
BERBAGI
Ilustrasi orang sakit. Foto Internet

SERANG, TANGERANGEKSPRES.CO.ID – Salah satu ulama Islam terkemuka, Al-Hafizh Ibnu Hajar rahimahullah menulis dalam kitabnya “Bulughul Maram” enam hak seorang muslim atas muslim lainnya.

Dalam kitab tersebut, beliau membawakan hadits yang diriwayatkan Imam Muslim rahimahullah dari sahabat yang mulia Abu Hurairah radhiyallahu anhu.

Dalam hadits tersebut, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda bahwa (artinya), “Hak seorang muslim atas muslim yang lain ada enam:

(1) jika engkau berjumpa dengannya, ucapkanlah salam kepadanya
(2) jika dia mengundangmu, penuhilah undangannya
(3) jika dia meminta nasihat kepadamu, berilah nasihat
(4) jika dia bersin lalu mengucapkan ‘alhamudillah’, doakanlah
(5) jika dia sakit, jenguklah
(6) jika dia mati, iringilah jenazahnya”.

Ulama besar dari Arab Saudi, Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah menjelaskan hadits ini dalam kitabnya “Syarah Kitab Al-Jami min Bulugil Maram”.

Beliau mengatakan, inilah enam perangai terpenting di antara sekian perangai terpuji terhadap sesama muslim. Seorang muslim memiliki banyak hak yang besar atas saudaranya, di antaranya adalah keenam perangai ini.

Menurut beliau, jumlah enam ini tidak bermakna membatasi sebagaimana dinyatakan oleh para ulama. Mereka mengatakan, “Jumlah ini tidak mengandung hujah (dasar). Hak-hak terhadap sesama muslim tidak dibatasi pada enam hak ini”.

Oleh karena itu, dalam nas-nas (ayat atau hadits) lain disebutkan banyak hak lain selain enam hak ini.

Semua hak tersebut dikumpulkan oleh sabda Nabi shallallahu alaihi wa sallam antara lain (artinya), “Tidak beriman salah seorang dari kalian hingga dia mencintai untuk saudaranya apa yang dia cintai untuk dirinya sendiri”. (H.R. al-Bukhari no. 13 dan Muslim 1/67, no. 71-(45))

Editor: Sutanto bin Omo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here