Beranda BANTEN Ratusan Pencaker Datangi Job Fair Hybrid, Bisa Langsung ke Perusahaan yang Diinginkan

Ratusan Pencaker Datangi Job Fair Hybrid, Bisa Langsung ke Perusahaan yang Diinginkan

0
BERBAGI
Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah berbincang-bincang dengan salah satu karyawan perusahaan yang ikut serta pada job fair hybrid di gedung Universitas Faletehan, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang, Rabu (11/10/2023). Foto: Agung Gumelar/Tangerang Ekspres

SERANG,TANGERANGEKSPRES – Ratusan para pencari kerja (pencaker) mendatangi Job Fair Hybrid yang diadakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Serang di gedung Universitas Faletehan, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang, Rabu 11 Oktober 2023.

Job fair itu merupakan bagian dari rangkaian Hari Jadi ke-497 Kabupaten Serang yang dibuka langsung oleh Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dan dihadiri para pejabat eselon II Pemkab Serang serta perusahaan dan perwakilan Kemenakertrans.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Serang, Diana A Utami mengatakan, terdapat 35 perusahaan yang terlibat dalam job fair hybrid ini dengan menyediakan 2.549 lowongan pekerjaan baik dalam dan luar negeri.

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, terhitung mulai Rabu 11 Oktober hingga Kamis 12 Oktober 2023, dengan kuota pencaker sebanyak 1.000 orang yang dibagi dua hari tersebut.

“Jadi, hanya 500 pencaker yang datang soalnya kita batasi untuk mencegah agar tidak membludak. Pencaker yang datang, harus sudah scan barcode dua hari sebelumnya lewat jalur antrean. Kalau yang belum sempat datang, kita terus buka melalui online,” katanya.

Diana mengatakan, pihaknya membatasi kuota pencaker untuk datang ke job fair hybrid ini sebanyak 1.000 orang, dan pada Selasa 10 Oktober sudah ada 980 pencaker yang telah daftar melalui online.

Tempat job fair dilakukan di dalam ruangan, kata Diana, agar para pencaker tidak kepanasan saat mengantre. Karena, di job fair hybrid ini ada yang langsung melakukan interview, konseling, hingga tes.

Dikatakan Diana, pencaker yang sudah mendaftar melalui online datang ke job fair hybrid ini langsung menuju perusahaan yang diinginkannya tanpa perlu berkeliling. Karena, dalam sistem pendaftarannya terdapat perusahaan yang sesuai dengan keahlian mereka.

“Jadi, mereka masuk tinggal scan barcode dan diberi waktu 30 menit bagi 100 orang. Jadi, di dalam hanya tinggal scan barcode kita berikan waktu untuk 100 orang 30 menit, untuk mereka bertanya-tanya ke perusahaan yang dituju. Setelah selesai, baru bergiliran dengan yang sedang mengantri,” ucapnya.

Kata Diana, pencaker yang datang paling banyak dari lulusan SMK dan SMA, disusul dengan lulusan S1 dan S2. Karena, lowongan kerja yang tersedia mulai dari operator sampai level manager dibuka pada job fair hybrid ini.

“Antusiasme sangat tinggi sekali, kita buka seluas-luasnya, tidak hanya untuk masyarakat Kabupaten Serang saja. Untuk perusahaannya nanti bergantian, jadi saat hari kedua perusahaan yang hadir tidak sama seperti hari pertama,” tuturnya.

Reporter: Agung Gumelar

Editor: Sutanto bin Omo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here