Beranda BANTEN Kota Serang Kekurangan Stok Beras

Kota Serang Kekurangan Stok Beras

0
BERBAGI
Kepala Bidang Ketersediaan dan Pendistribusian Pangan pada DKP3 Kota Serang, Siswati mengecek ketersediaan beras di Kelurahan Trondol, Kamis (12/10).

SERANG, TANGERANGEKSPRES.CO.ID – Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Serang menyebut Kota Serang saat ini masih kekurangan stok beras.

Kepala Bidang Ketersediaan dan Pendistribusian Pangan pada Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Serang, Siswati mengatakan, Pemkot Serang saat ini memiliki stok beras di Bulog hanya 68,4 ton.

Namun, Siswati menuturkan, dalam waktu dekat Pemkot Serang akan membeli 75 ton beras dari dana fiskal. Jadi, hingga akhir tahun ini Kota Serang hanya memiliki 145 ton.

“Kalau stok pangan sendiri kita di Bulog punya 68,4 ton rencana ada pembelian dari dana Fiskal 75 ton, jadi kita punya sampai akhir tahun ini 145 ton cadangan pangan,” kata Siswati saat diwawancarai awak media, Kamis 12 Oktober 2023.

Kalau dari hitungan pihaknya, kata Siswati, jumlah tersebut masih kurang. “Hitungan ideal kita punya rumusnya, itu seharusnya 280 ton, jadi masih kurang 140 ton,” katanya.

Ia memaparkan, musim kemarau panjang ikut serta mempengaruhi berkurangnya produksi beras di Kota Serang, karena saat ini banyak lahan pertanian yang mengering.

“Kalau produksi beras juga menurun, karena ada beberapa tempat yang mengalami kekeringan atau Fuso, untuk jumlahnya saya belum tahu persis,” paparnya.

Kendati demikian, dengan adanya bantuan dari Badan Pangan Nasional (BAPANAS) sebanyak 891.51 ton beras, kata Siswati, akan menambah hitungan.

“Jadi kalau ditambah bantuan sekarang ini masih cukup untuk stok pangan. Bantuan dari BAPANAS ini salah satunya untuk membantu kekurangan pangan dari dampak Elnino ini kan panen juga berkurang terus harga naik tinggi,” ucapnya. (*)

Reporter: Dani Mukarom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here