Beranda PENDIDIKAN Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Siswa SMP

Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Siswa SMP

0
BERBAGI
TELADAN: Pendidikan karakter di SMPN 4 Curug Penting bagi siswa untuk ciptakan dan membentuk karakter siswa yang berkompetensi.

TANGERANGEKSPRES.CO.ID – Pendidikan karakter menjadi salah satu unsur penting dalam dunia pendidikan saat ini yang berkejaran dengan perkembangan teknologi. Terutama pada jenjang SMP dimana pendidikan karakter wajib diterapkan kepada siswa guna menciptakan siswa berkarakter baik.

Secara umum, Pendidikan karakter memiliki pengertian sebuah sistem pendidikan yang sistematis dan direncanakan untuk mendidik serta mengembangkan potensi peserta didik guna membangun karakter pribadinya.

Kepala Sekolah SMPN 4 Curug Purwaningsih mengatakan, pendidikan karakter pada jenjang SMP dibutuhkan karena di jenjang inilah transisi usia terjadi. Dimana nilai-nilai positif dalam pendidikan karakter akan mudah diserap untuk bekal siswa menjalani pendidikan yang lebih tinggi nantinya.

“Pendidikan karakter kita sangat sederhana, salah satunya sopan santun, menghargai satu sama lain, mau membantu, dan tidak malas. Karakter tersebut sangat penting dan wajib dilakukan para siswa agar menjadi pribadi yang baik,” ujarnya kepada Tangerangekspres.co.id, Jumat 13 Oktober 2023.

Purwaningsih menambahkan, pihaknya dalam metode pengajaran lebih banyak memberikan contoh kepada para siswa, jadi tidak hanya sosialisasi dan juga menceritakan tentang prinsip karakter saat jam belajar. Siswa diberikan contoh agar mereka bisa mengikuti dan mengetahui karakter yang baik.

“Mungkin di kelas 1 kita sangat kerja keras menempa karakter siswa untuk bisa dibentuk. Mininal dari beberapa karakter yang kita terapkan, siswa bisa mengikutinya. Itu sangat penting, tanpa pendidikan karakter siswa besar kemungkinannya memiliki karakter yang kurang baik,” paparnya.

Ia menjelaskan, sejauh ini pihak sekolah selalu menerapkan pendidikan karakter melalui contoh-contoh positif dalam keseharian, sehingga siswa langsung mengikuti dan melakukan apa yang diajarkan.

“Jika kita mengajarkan siswa dengan cara keras maka siswa tersebut akan melawan kepada kita, jika diajarkan cara mengajar yang lembut maka siswa tersebut akan mengikutinya. Jadi poinnya semua siswa akan mengikuti apa yang diajarkan gurunya,”tutupnya.

Reporter: Randy Yastiawan
Editor : Aries Maulansyah

CONTOH: Pendidikan karakter di SMPN 4 Curug Penting bagi siswa untuk ciptakan dan membentuk karakter siswa yang berkompetensi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here