Beranda BANTEN Ribuan Pencaker Berbondong-bondong Padati KP3B, Ada Apanya?

Ribuan Pencaker Berbondong-bondong Padati KP3B, Ada Apanya?

0
BERBAGI
Foto: Umam Antre: Ribuan pencaker tengah antre untuk mendaftar dalam acara Job Fair 2023 di halaman Masjid Al Bantani, KP3B, Rabu 25 Oktober 2023.

SERANG, TANGERANGEKSPRES.CO.ID – Ribuan pencari kerja (Pencaker) dari berbagai daerah berkumpul di halaman Masjid Al Bantani,Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), 25 Oktober 2023.

Mereka berbondong-bondong mencari lowongan pekerjaan pada event Job Fair yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Banten, dengan menghadirkan 52 boot perusahaan.

Kepala Disnakertrans Banten, Septo Kalnadi mengatakan, hingga pagi pukul 08.00 WIB, sudah ada sekitad 5.469 pencari kerja yang mendaftar pada Job Fair 2023. Sementara pihaknya hanya melakukan penyerapan 5 ribu pekerja.

“Nah ini perlu diverifikasi kembali,” katanya.

Dari ribuan pencaker tersebut, 40 persen pelamar diantaranya mengincar lowongan pekerjaan ke luar negeri. Baik ke Korea, Jepang, Taiwan, hingga Australia.

Mereka yang ingin bekerja di luar negeri akan disalurkan melalui agen resmi.

“Nanti yang keluar negeri ini akan melalui BP2MI yang bekerja sama dengan agen penyalur resmi,” terangnya.

Kemudian untuk mekanismenya, para pencaker ada yang melamar secara online dan manual atau datang langsung ke lokasi Job Fair 2023.

“Untuk mencegah menghindari penumpukan kita menggunakan nomor antrian registrasi melalui digital,” ungkapnya.

Sementara itu, salah satu Pencaker asal Serang, Ami mengaku, bahwa kedatangannya untuk mencari lowongan pekerjaan melalui kegiatan Job Fair 2023.

Menurutnya, kegiatan tersebut cukup memudahkan pencaker yang masih kebingungan mencari lowongan pekerjaan.

“Saya melawar lewat online, mudah-mudahan bisa diterima,” katanya. (*)

Reporter: Syirojul Umam
Editor : Andy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here