Beranda LEBAK Pengasuh Pesantren se-Banten Dilantik, Ini yang Diharapkan Bupati Lebak

Pengasuh Pesantren se-Banten Dilantik, Ini yang Diharapkan Bupati Lebak

0
BERBAGI
Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya saat sambutan pelantikan pengurus Majelis Cabang MP3I Se-Provinsi Banten di Pondok Pesantren Nurul Falah, Minggu 8 Oktober 2023.

TANGERANGEKSPRES.CO.ID – Majelis Permusyawaratan Pengasuh Pesantren Se-Indonesia (MP3I) diharapkan mampu merumuskan gagasan besar dan visi yang kuat untuk meningkatkan peran pondok pesantren dalam membentuk karakter bangsa.

Hal tersebut diminta Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya saat menghadiri Pelantikan Majelis Cabang MP3I Se-Provinsi Banten di Aula Pondok Pesantren Nurul Falah, Minggu 8 Oktober 2023.

“Pesantren merupakan lembaga yang berlandaskan Alquran dan As-sunah adalah garda terdepan dalam mendirikan dan menjaga keutuhan berbangsa dan bernegara yang dilandasi jati diri dan kesadaran terhadap sistem nasional yang bersumber dari Pancasila sebagai dasar negara, dan UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI serta Merah Putih,” kata Iti.

Iti juga mengucapkan selamat kepada pengurus MP3I yang telah dilantik. Semoga dengan pelantikan pengurus MP3I dapat mempertahankan dan meningkatkan program kerja dan kinerja para pengurus dalam menjalankan organisasi.

Sementara itu Ketua PW MP3I Banten Ahmad Rafiudin menjelaskan, organisasi para pengasuh pesantren ini berazaskan pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 yang memiliki visi terwujudnya kesejahteraan umat lahir batin dengan meningkatkan kualitas pendidikan dan peran sosial ekonomi pesantren dalam menjaga keutuhan kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Tujuan dari pembentukan MP3I yakni untuk penguatan peran pengasuh pesantren untuk menciptakan kemaslahatan masyarakat, kemajuan bangsa dan kemuliaan harkat dan martabat manusia serta untuk meningkatkan kesejahteraan pesantren dan umat, melalui peningkatan sumber daya manusia dan optimalisasi pemanfaatan sumber daya alam,” ungkapnya.

Selain itu juga, kata Rafiudin, untuk mengembangkan pendidikan pesantren agar mampu menghasilkan kader bangsa yang unggul, mandiri dan mumpuni sebagai penggerak umat dan membangun komunikasi antar pengasuh pesantren dan lembaga lain. (*)

Reporter : A Fadilah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here