Beranda KEBIJAKAN ODGJ Mulai Marak Berkeliaran di Rangkasbitung

ODGJ Mulai Marak Berkeliaran di Rangkasbitung

0
BERBAGI
BANYAK: Nampak ODGJ di Jalan Abdi Negara depan Kantor bupati, Senin 16 Oktober 2023. (Foto: A Fadilah)

LEBAK, TANGERANGEKSPRES.CO.ID – Masyarakat Kecamatan Rangkasbitung mengeluhkan, belakangan ini jumlah Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) mengalami peningkatan dan berkeliaran bukan saja di ruas jalan dalam kota, akan tetapi ke pemukiman-pemukiman warga.

“Kami melihat banyak ODGJ dengan wajah-wajah baru. Mereka banyak berkeliaran di jalan-jalan protokol dan masuk ke pemukiman,” kata Agus Jaelani, Warga Rangkasbitung, kepada wartawan, Senin 16 Oktober 2023.

Menurut Agus, keberadaan ODGJ tersebut sudah mengganggu ketentraman dan ketenangan masyarakat. Karena, dari beberapa ODGJ ada yang teriak-teriak, ada yang membawa tongkat, ada yang telanjang. Bahkan, ada juga yang suka masuk rumah warga, sehingga membuat warga ketakutan.

“Kami minta Satpol PP atau Dinas sosial melakukan razia dan menertibkan ODGJ yang sudah marak berkeliaran,” ujarnya.

Terpisah, Dartim kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Lebak mengaku, dia akan segera melakukan razia untuk menertibkan ODGJ yang telah mengganggu ketenangan masyarakat.

“Nanti kami akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk menertibkan ODGJ yang berkeliaran dan sudah membuat resah masyarakat,” paparnya.

Razia ODGJ ini, kata Dartim, harus melalukan koordinasi dengan Dinas sosial. Karena, ODGJ hasil razia Dinas Sosial yang akan menempatkan di penampungan.

“Segara saya akan perintahkan Kabid tibum untuk lakukan razia, terimakasih infonya,” ucap Dartim.(*)

Reporter : A Fadilah
Editor : Aries Maulansyah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here